Mengenal Struktur Template Blogspot


Dalam merancang sebuah template yang kita butuhkan adalah mengetahui dasar-dasarnya terlebih dahulu karena membuat template sangatlah sulit dan membutuhkan waktu berjam-jam. Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan karena setelah kita mengetahui struktur yang akan kita rancang maka akan lebih mudah untuk pembuatannya.

Struktur bisa dikatakan sebuah rancangan yang disusun secara sistematis, tentu dalam hal ini akan lebih baik jika kita mengetahui fungsi awal penerapan struktur pada sebuah template. Untuk itu mari simak baik-baik agar anda dapat membuat template sendiri tanpa bantuan orang lain.

Mengenal Struktur Template Blogspot :
Struktur template bisa dikatakan dengan sebuah penerapan yang menghubungkan antara satu dengan lainnya. Jadi untuk pembuatan template tentu saja didalamnya akan ada bagian-bagian struktur tersebut yang saling menghubungkan satu sama lain dan dapat berubah menjadi tampilan sebuah template. Dalam hal ini banyak para blogger pemula yang ingin mencoba membuat template sendiri tapi yang dihasilkan tentu saja berbuah kegagalan karena ketidak tahuan penerapan yang benar yang sesuai dengan strukur tesebu

1. Header
Bagian yang terletak pada atas blog, header dapat berupa seperti judul blog, deskripsi blog, ataupun menu navigasi seperti terms of service, disclaimer, privacy policy, atau sitemap, bisa juga berupa sosial buttom ataupun widget lainnya seperti untuk iklan Adsense.
2. Sidebar
Umumnya berada disebelah samping postingan yang bisa ada sebelah kanan maupun kiri. Sidebar memiliki fungsi sebagai tambahan widget contohnya untuk popular post, lebel, atau lain-lain. Sidebar biasanya dipakai dengan 1 coloum, 2 coloum, 3 coloum, atau bisa juga lebih karena pemakaian sidebar tergantung pada kesukaan pembuat template.
3. Content
Pada dasarnya content mencakup sidebar atau isi postingan yang telah kita buat sebelumya, Untuk itu biasnya pada bagian ini adalah yang berupa inti dari blog seperti post, comment, serta bagian lain yang telah dihubungan kebagian content.
4. Blog Post
Bisa dikatakan sebagai postingan blog atau dalam pengertian lain ini termasuk bagian ini blog yang dimana menyangkut tentang blog ataupun penulis, contonya seperti judul artikel, info penulis, tentang postingan, lebel, popular post ataupun lainya.
5. Outer-wrapper
Melingkupi bagian template yang membatasi bagian luarnya, dan dalam hal ini outer-wapper berfungsi mengatur bagian-bagian template seperti header, content, dan footer.
6. Main
Berfungsi sebagai pengatur bagian seperti post, comment, dan bagian lainnya yang masih masuk kedalam ruang lingkup main.
7. Body
Bagian yang menyangkut seluruh template dan terlihat pada bagian luar. Body bisa dikatakan sebagai komponen luar blog.
8. Footer
Umumnya terletak pada bagian bawah blog yang biasanya berisi informasi terkait terhadap blog contohnya seperti bagian copyright atau bisa juga bagian-bagian laman lainnya.

Itulah bagian utama yang harus kalian mengerti terlebih dahulu sebelum mencoba untuk membuat template sendiri. Sebelumnya pada postingan kali ini saya hanya memahas skema awalnya saja dan nantinya saya jamin anda akan bisa membuat template sendiri tanpa memakai template milik orang lain. Jadi silahkan ikuti terus Sharedblezz.com dan nantikan postingan terbarunya.
Cukup sekian untuk kali ini. Semoga dapat dicerna dan dipahami dengan mudah.
Salam Sharedblezz

Buat komentar disini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama