Teknik Dasar SEO yang Harus Diketahui Bagi Para Blogger Pemula

Mengenal SEO: Panduan Lengkap Bertahap Untuk Pemula

Dalam dunia Blogging mungkin kata ini sangatlah tidak asing bagi telinga kita karena saat kita mulai mengenal dan mempelajari Blogging lebih dalam maka hasil yang kita temukan yakni satu kata ini SEO. Perlu kita tegaskan bahwa mempelajari SEO sangatlah penting guna membangun trafik blog yang kita miliki maka dengan kata lain SEO adalah landasan pertama yang harus kita pelajari untuk meniti karier menjadi seorang Blogger.


Mengenal SEO
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau bila kita artikan kedalam bahasa indonesia adalah optimasi mesin pencari. Dengan kata lain bila kita perjelas lagi maka memiliki arti perancangan yang harus dilakukan untuk situs halaman untuk memenuhi standar kualitas mesin pencari sehingga web yang kita miliki mampu untuk tampil pada halaman pertama di mesin pencari.

Apa sebenarnya yang kita dapat dengan mengenal SEO? Mungkin sangat simple untuk menjawabnya karena memang SEO memiliki tujuan agar web yang kita miliki mampu untuk menjadi yang teratas. Maka dalam hal ini kita perlu untuk menentukan kata kunci di dalam web yang kita miliki dan web yang kita miliki mampu untuk mendapatkan pengunjung yang lebih besar.

Pada tahap mengenal SEO ini, kita diutamakan untuk bersaing dengan pengguna lainnya dan mampu untuk mencari kata kunci yang paling banyak dicari.


Teknik yang digunakan mesin pencari?
Google adalah mesin pencari terbesar yang memang segala informasi dapat kita dapatkan di dalamnya. Maka bagaimana Google mampu untuk melakukan hal ini? Mari kita simak :
Google memiliki tahapan-tahapan yang bekerja secara menyeluruh dan teratur, seperti:
  1. Perayapan
  2. Pengindex/sitem terbaca
  3. Hasil yang di cari
Dalam hal ini ke tiga sistem tersebut bekerja secara teratur tanpa adanya indikasi kesalahan maka teknik yang perlu kita gunakan yakni mengenal sistem perayapan dan kita mampu untuk memiliki ide dalam tahap awal ini.


Langkah yang harus diambil
Setelah kita baca ketiga teknik yang digunakan mesin pencari terutama Google maka langkah yang harus kita tekanankan yakni pada bagian kesatu dan kedua. Mengapa? Seperti yang telah Admin jelaskan tadi bahwa pada teknik perayapan disebut Googlebot yang berujuan menumpulkan atau menghimpun data yang telah dibakukan lalu memunculkannya kesisem index Google dan data inilah yang disajikan kepada pembaca didalam mesin pencarian.

Maka sebenarnya perlu kita lihat pada mesin pencarian Google dan apakah blog anda sudah tertera didalamnya. Jika memang belum artinya web yang anda miliki tidak dapat terbaca atau perayap google sulit menjangkaunya.


Solusi web atau blog yang belum dijangkau perayap Google
Google tidak akan merayapi web yang memang tidak mengikuti prosedur yang telah contohnya saja seberapa lamakah web anda berdiri, namun hal ini tidak lebih dari sekedar opini tapi untuk sekarang meskipun blog baru dibuat tetapi postingan yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik maka kalian harus terdaftar di webmaster.


Mendaftar webmaster
Webmaster sudah menyajikan untuk para penggunannya agar web atau blog yang kita miliki  terindex oleh mesin pencari Google. Jadi alangkah baiknya sebelum kita memulai menjadi Blogger kita daftarkan dulu web atau blog kita terlebih dahulu.

Untuk memulai pendaftaran silahkan ikuti tutorial dibawah ini :

1. Langkah pertama anda harus login terlebih dahulu ke akun Google anda
2. Selanjutnya kunjungi halaman :
3. Klik pada bagian Add A Properti
4. Lalu akan muncul halaman dimana anda disuruh untu memasukan URL web atau blog anda
5. Kemudian akan muncul halam verifikasi dengan panduan lengkapnya
6. Download terlebih dahulu file html pada bagian no. 1
7. Lalu upload file download tadi ke bagian Root di web anda
8. Selanjutnya bagian komfirmasi bahwa file sudah diupload
9. Setelah itu komfirmasi verifikasi dan selesai

Pada bagian upload file anda dapat menggunakan C-pannel atau bisa juga dengan merubah html pada template
.
Mungkin cukup sekian pada postingan kali ini serta jangan lupa untuk ikuti aktivitas dari Shareblezz dipostingan selanjutnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Buat komentar disini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama