Sejarah Pendek Internet Secara Rinci



Sejarah Pendek Internet. - Satu hal yang mesti kita ketahui bahwa internet pada dasarnya bukan milik siapa pun atau dengan kata lain tidak ada satu pihak pun yang memilikinya karena memang perusahaan-perusahaan jasa ISP (Internet Service Provider) bersepakat untuk menghubungkan jaringannya menjadi jaringan yang sangat luas. Dengan demikian setiap perangkat komputer yang terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi. Meskipun internet tidak ada yang memiliki namun perkembangan internet tetap dipantau oleh Internet Society (ISOC) yakni sebuah lembaga nirlaba internasional.

Oke, langsung saja kepada titik tema yang akan dibahas pada postingan kali ini semoga rasa penasaran kalian dapat terjawab pada postingan ini.

Sejarah Pendek Internet - Awal mula kemunculan internet yakni pada awal 1969 yang dimana internet hanya mampu menghubungkan empat buah komputer dengan sistem operasi yang berbeda-beda. Pada mulanya memang internet tidak lepas dari berdirinya lembaga penelitian Advanced Research Project Agency (ARPA) yakni pada 1958 oleh pemerintahan Amerika. ARPA yang pertama kali membangun sebuah jaringan yang menghubungkan empat buah komputer dengan sistem operasi yang berbeda-beda yang disebut dengan ARPANET dan dengan ARPANET keempat komputer ini mampu untuk berkomunikasi dengan baik karena adanya beragam aturan yang kita sebut protocol. Protocol pertama kali ini disebut dengan Network Control Protocol (NCP).

Memang pada 1967 jaringan yang menggunakan sinyal radio arau Pocket Radio Network (PRNET) dapat terhubung dengan ARPANET yang pada tepatnya tahun 1976 para ilmuan mulai memikirkan cara untuk dapat terhubung dengan jaringan ARPANET maka hal ini pun berhasil dilakukan.

Lalu pada tahun 1977 jaringan satelit (SATNET) dapat terhubung dengan kedua jaringan yang ada. Lalu jaringan komputer lainya, seperti USENET, BITNET, CSNET, dan NSFNET dapat terhubung. Dan hal ini pun menjadi titik dasar ARPANET mengubah protocol menjadi Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP) yakni tepatnya pada tahun 1983. Protokol ini sama seperti yang pada internet sekarang ini.

Lalu pada tahun 1990 tim Bernets-lee mulai mengembangkan sebuah sistem yang mempermudah navigasi di internet dan sistem dikenal dengan World Wide Web (www.). Ide ini memang muncul dengan menggabungkan hypertext,  protocol internet, dan domain name sistem (DNS). Dalam hal ini kita perlu untuk mengetahui tentang perbedan yang signifikan antara internet dan Web yang sebenarnya sedikit agak beebeda dari apa yang kita bayangkan yang menganggap bahwa internet dan web itu sama. Namun bila diperjelas internet merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer sedangkan Web cara untuk mengarungi atau menjelajahi jaringan tersebut.

Kebanyakan internet awalnya hanya digunakan oleh pihak-pihak tertentu saja seperti pemerintahan, militer, universitas, dan para ilmuan komputer. Perkembangan internet mampu bekembang saat luasnya yang dimana Web internet menyajikan kemudahan bagi setiap penggunanya.

Pada tahun 1994 bisnis melalui internet semakin menjanjikan dan kini internet mampu menghubungkan jutaan pengguna dengan berbagai perangkat dan berbagai sistem operasi. Hal ini banyak mendapat respon fositive bagi setiap penggunanya karena internet memudahkan bagi setiap penggunanya.

Di indonesia memang teknologi jaringan mulai berkembang pada akhir tahun 1980 yakni dengan mengubungkan jaringan yang  menghubungkan lima universitas yang ada di indonesia yakni Universitas Indonesia, Universitas Terbuka, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada,  dan  Institut Tekologi Surabaya. Memang awalnya pengembang pada kelima universitas ini belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah karena belum memadainya infrastuktur dan kurangnya  dana.

Barulah pada tahun 1994 internet masuk ke indonesia tepatnya pada bulann juni 1994 dengan terhubungnya jaringan Iptek nasional (IPTEKNET) ke jaringan Internet. pengelolaan IPTEKNET diserahkan kepada BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). Dan pada sekarang ini internet mulai berkembang dengan pesatnya seiring dengan berkembangnya zaman.

Sejarah Pendek Internet. Mungkin cukup sekian untuk postingan kali ini semoga postingan kali ini dapat menambah wawasan kita tentang internet dan tidak hanya tahu cara pakainya tapi usahakan mengenal sejarah internet. Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua

Buat komentar disini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama