Mengenal Internet

Mengenal Internet. kali ini Admin akan berbagi ilmu tentang internet yang sering kalian pakai dalam kehidupan sehari-hari dimana internet yang sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan keseharian kita

Internet bukan sesuatu yang nyata namun bisa dikatakan bahwa internet adalah sistem yang abstrak dan internet memiliki cara kerja yang hampir mirip dengan sistem tubuh. Pada awalnya memang perangkat komputer belum mengenal namanya internet namun seiring berjalanya waktu akses untuk perangkat komputer semakin berkerkembang guna mempermudah para penggunanya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa internet berfungsi sebagai penghubung bagi penggunya atau bisa dikatakan antar jaringan kecil maka pengaruh internet bagi kehidupan kita sangatlah dekat karena dizaman yang sekarang ini internet mampu menghubungan antara dua orang yang saling berjauhan dan internet adalah media informasi yang terupdate pada saat ini.

Jaringan Komputer :

Mengenal Internet. Suatu jaringan dapat dibentuk oleh dua komputer maka dalam hal ini komputer dapat saling terhubung satu sama lain dan mampu untuk bertransfer data antara komputer satu dengan yang lainya. Jaringan komputer dapat dibedakan berdasarkan jarak dan area kerjanya kedalam LAN, MAN, dan WAN.

LAN (Local Area Network)
Jaringan komunikasi yang melayani pengguna yang berada dalam sebuah jangkauan area geografis yang terbatas dibentuk dari beberapa buah server, workstations, sistem operasi jaringan serta sebuah sambungan komunikasi.

Sebuah LAN kecil dapat difungsikan sebagai sebuah workstations yang dapat berguna sebagai server yang memungkinkan dapat untuk membuat akses terhadap komputer yang terhubung. Sistem jaringan yang seperti ini disebut peer to peer yakni salah satu bentuk jaringan yang pada umumnya mudah untuk diinstalasi maupun dikelola oleh pengguna. Disini Admin sering memakai akses LAN untuk transfer data dengan teman dan Admin rasakan sendiri perbedaan antara transfer file menggunakan LAN dengan memakai flashdisk maka dapat disimpulkan memakai LAN jauh lebih baik karena biasanya transfer melalui flashdisk terbatas dengan ukuran flashdisk itu sendiri.

MAN (Metropolitan Area Network)
Merupakan akses yang lebih luas dari pada LAN dan MAN bisa dikatakan sebuah jaringan antar komputer yang membentuk sebuah jaringan yang biasanya melayani sebuah organisasi satu lingkup kerja dengan berbeda gedung atau tempat. Memiliki kemiripan dengan hanya saja perbedaannya terletak pada jangkauanya saja yang memang lebih luas dari pada LAN. Dalam hal ini MAN biasanya dipakai pada perkantoran yang dimana setiap perangkat komputer mampu untuk terhubung meskipun dengan jarak yang cukup berjauhan.

WAN (Wide Area Network)
Untuk jaringan ini memiliki cakupan sangat luas yang dimana jaringan WAN mampu untuk menjangkau Komputer antar negara, benua, maupun seluruh dunia. Dalam hal ini WAN  mampu menghubungkan komputer yang letaknya sangat berjauhan karena WAN dihubungkan dengan jaringan bantuan lain diantaranya jaringan telepon maupun jaringan satelit.

Mengenal Internet. Mungkin cukup sekian untuk postingan kali ini semoga menambah wawasan bagi kalian tentang internet dan semoga postingan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua selaku penggunanya.

Buat komentar disini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama