Apa Itu Adsense - Panduan Dasar Untuk Pemula Terbaru

Menghasilkan uang dari internet pada zaman sekarang ini tentu saja tidaklah mustahil. Mengapa? Karena internet yang sekarang sudah meliputi ke berbagai media informasi dan disinilah letak kemudahan untuk para penggunanya. Maka dalam artian lain jika kita memiliki hobi dalam menulis, ada kemungkinan kita akan mudah untuk medapatkan uang dari internet karena jika kita memiliki blog dan membuat postingan yang bermanfaat bagi orang lain maka inilah yang akan menjadi media penghasilan bagi kita.

Pada postingan kali ini Admin akan membahas tentang media penghasilan tersebut yang sering kita sebut dengan Google Adsense. Tanpa banyak bicara lagi mari simak dan pelajari terlebih dahulu tentang ini karena Google Adsense adalah tahap pertama seorang Blogger untuk memiliki penghasilan.


Apa sebenarnya Google Adsense?
Google Adsense adalah program periklanan yang ada pada media internet yang diselenggarakan oleh pihak Google dan pihak Adsense. Dalam pengertian lain Google yang menyediakan pencarian atas dasar keperluan atau kebutuhan pembaca dan Adsense yang menyediakan iklan dari pemilik situs web atau blog tersebut.

Adsense adalah media periklanan yang memang jika blog kita sudah terhubung dengan Adsense dan dapat menampilkan iklan pada situs web atau blog yang kita miliki maka kita akan mendapatkan keuntungan dari pihak Google Adsense.

Tujuan Google Adsense
Tujuan Google Adsense memang sangatlah sederhana yakni menampilkan iklan pada web atau blog akan tetapi proses yang dinilai sederhana ini memiliki sistem yang lumayan panjang yang dimana setiap publisher diharuskan memiliki konsistensi dan keseriusan dalam mengerjakan membangun web atau blog yang dimiliki.

Sistem kerja Google Adsense
Untuk cara kerjanya yakni jika publisher telah mendapat persetujuan dari pihak Adsense maka publisher dapat memasang iklan Adsense pada web atau blog yang di miliki dan setelah iklan Adsense muncul pada web atau blog, jika memang iklan tersebut mendapat klik dari pengunjung maka pihak Adsense akan membayar sesuai dengan perclick. Ini pun akan menjadi bahan pertimbangan kita karena memang proses Adsense ini yang sangat mudah dan mengapa tidak jika kita memang memiliki hobi menulis, ini adalah kesempatan yang paling tepat untuk menjadi publiser Adsense.

Untuk pembayaranya biasanya berbentuk Dollar dan akan langsung dibayarkan kepada rekening Adsense yang kita miliki. Jika uang sudah mencapai 100$ maka kita dapat mencairkannya.

Berapa banyak yang kita dapat dari Adsense
Sistem pembayaran yang diterapkan Adsene adalah Cost Per Click (CPC), jadi dapat disimpulakan bahwa pihak Google Adsense akan membayar sesuai dengan pengunjung mengklik iklan yang telah dipasang dan akan dibayarkan ke akun Adense publisher dengan bertahap dan dapat kita cairkan serelah mencapai 100$.

Untuk penghitungan rata-rata pada tiap kliknya maka tidak dapat dihitung dan hanya pihak Google Adsene yang mengetahuinya. Maka dapat disimpulkan bahwa bayaran dari jenis iklan yang berbeda mungkin bervariasi tergantung pada pihak Adsense.

Jumlah bayaran yang akan diperoleh tergantung kepada aktivitas para pengunjung maka dalam hal ini memperbaiki navigasi pada blog sangatlah penting guna memudahkan pengunjung untuk menjelajahi web atau blog kita. Untuk penempatan iklan membutuhkan tempat yang cocok yang dimana dapat dijangkau atau dilihat oleh pengunjung. Perlu untuk memilih tema yang pas dalam mengembangkan sebuah web atau blog agar pihak Adsense tidak bingung untuk menempatkan iklan yang tepat pada eb atau blog anda.

Menjadi publisher Google Adsense
Untuk menjadi seorang publisher Adsense kita memerlukan persetujuan dari pihak Google Adsense dan yang dibutuhkan adalah kita memiliki situs web atau blog untuk menaftar Adsense. Dalam mengajuan Google Adsense memiliki dua hal yang berbeda yakni Hosted dan Non Hosted.

Pada proses yang paling mudah untuk diterima menjadi publisher Adsense adalah dengan memakai akun Hosted yang dimana hanya memerlukan satu kali pendaftaran dan iklan akan langsung dapat dipasang pada web atau blog kita berbeda dengan Non Hosted yang memerlukan dua kali review untuk pendaftaran Adsense.

Pada tahap pendaftaran Adsense biasanya memakan waktu kurang lebih 4 – 7 hari yang dimana pada proses ini Adsense akan melihat kelengkapan web atau blog kita. Namun dalam kasus lain ada juga yang langsung ditolak mentah-mentah atas dasar ketidak lengkapan web atau blog tersebut.

Membuat web atau blog untuk Adsense
Perlu ditekankan kembali bahwa menjadi seorang publisher Adsense harus memiliki tema atau topik yang sesuai dengan apa yang kita minati. Maka dengan kata lain kita tidak akan sulit untuk menulis apa yang sudah kita pahami. Hal ini pun akan menjadi bahan pertimbangan pihak Adsense.

Adsense bukan ajang main-main, dimana memerlukan kerseriusan dalam menjalankanya dan harus memiliki konten-konten yang berkualitas yang mampu untuk membawa lebih bnayak pembaca. Dalam hal ini semakin banyak konten yang anda miliki maka akan semakin besar pula untuk diterima oleh pihak Adsense.

Setelah diterima Google Adsense
Apa yang perlu kita lakukan jika memang Adsense telah menerima permohonan yang kita ajukan? Maka kita akan terhubung dengan Google Adsensedan memungkinkan kita mendapat sambungan penuh terhadap akun tersebut. Setelah kita mendapatkan akses penuh pada Adsense yang kita miliki maka Adsense akan menyediakan macam-macam iklan yang bisa kita pasang dalam web atau blog kita, untuk pemasangan unit iklan sangalah mudah, kita hanya diharuskan untuk memilih atau mengambil kode unit iklan Adsense lalu unit iklan tersebut kita tempel atau paste pada template atau widget web atau blog  milik kita. Jika sudah maka akan terlihat iklan pada web atau blog kita an kita menunggu para pengunjung untuk mengeklik iklan yang kita pasang tersebut.

Perlu di ingat bahwa anda harus hari-hati dalam menjadi seorang publisher Adsense karena ada larangan yang tidak diperbolehkan diantaranya jangan pernah untuk mengeklik iklan sendiri atau memberikan link iklan kepada teman anda sendiri. Hal seperti ini sangat tidak disukai Adsense dan dapat dianggap ilegal, dan memungkinkan anda akan di Banned oleh pihak Adsense.

Tips Sukses Google Adsense
Untuk disetujui menjadi publisher Adsense bukanlah hal yang mudah karena diperlukan keseriusan yang tinggi dalam mengelola web atau blog yang kita milki. Disini Admin akan memberikan tips yang paling tepat untuk para pulisher yang ini menjadi publisher Google Adsense. Maka Admin kata perlu untuk mengerapkan tips yang Admin bagi ini.

1. Ditolak Google Adsense maka daftar lagi
Google Adsense berbaik hati kepada para publisher yang ingin menjadi publisher Adsense. Maka dalam hal ini jika kita mendapat penolakan dari Google Adsense yang berupa e-mail maka kita bisa mencobanya lagi di lain waktu akan tetapi dengan catatan kita harus memperbaiki kesalahan pada web atau blog kita.

2. Template yang ringan
Memakai template artinya berhubungan dengan tampilan blog kita, hal ini pun tidak lepas dari para publisher yang menginginkan keindahan web atau blog miliknya. Maka perlu ditekankan lagi bahwa template yang ringan adalah kriteria yang dicari Google Adsense karena akan memudahkan pembaca dalam menjelajah web atau blog kita. Perlu difokuskan bahwa Google Adsense lebih mementingkan kemudahan. Jadi dalam artian lain template yang ringan dengan kelengkapan yang memadai akan menjadi prioritas utama.

3. Rajin membuat postingan
Dalam hal ini akan menentukan keseriusan anda dalam mendaftar Adsense. Hal ini pula akan menjadikan peluang agar lebih mudah diterima oleh pihak Adsense. Membuat postingan yang berkualitas tidaklah mudah dan membutuhkan waktu berjam-jam dalam menyelesaikannya maka dalam hal ini publiser perlu untuk memiliki keseriusan dan konsistensi yang tinggi dalam membuat postingan yang berkualitas.

4. Menu navigasi yang tepat
Menu navigasi sangatlah penting untuk dipakai dalam web atau blog, dimana menu ini menunjukan kemana arah yang akan dicari oleh pembaca.

5. Lengkapi dengan widget yang sederhana.
Untuk pemakain widget sendiri berguna untuk memudahkan pembaca. Widget banyak sekali variasinya contohnya seperti label, kotak pencarian, postingan terpopuler, dan lain-lain. Gunakanlah yang lebih sederhana, dan jangan pernah memakai widget Alexa Ranking dalam web atau blog akan mendaftar Google Adsense.

6. Lengkapi laman
laman biasanya mengarah kepada info atau biodata blog. Contohnya Contact Us, Terms of Service, Tentang kami, Privacy Policy dan lain-lain. Kebanyakan para publiser yang ditolak Google Adsense karena tidak mencantumkan bagian laman. Maka dari itu informasi yang berhubungan dengan web atau blog sangatlah perlu untuk dicantumkan.

7. Jangan pernah Copy-paste
Seorang publiser yang layak untuk menjadi publiser Adsense adalah seseorang yang menghargai karya orang lain bukan memanfaatkanya demi keuntungan sendiri. Dalam hal ini pula Google Adsense melarang keras bagi penggunanya untuk melakukan copy-paste terutama konten-konten yang bersifat copyright seperti gambar atau video.

Mungkin cukup sekian pada postingan kali ini tentang Mengenal Adsense, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Buat komentar disini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama